Topik kali ini yang ingin gw angkat adalah pembuatan visa UK. Pertama gw jelasin dulu kenapa gw bikin visa UK. Gw bikin visa ini karena gw pengen umrah ke Liverpool, asal 2 favorit hal gw dalam hidup : Liverpool FC dan Beatles Hot smile.  Tapi ada sedikit yang istimewa dari pembuatan visa ini. Apa yang istimewa? Gw buatnya waktu gw masih di Prancis, tepatnya di Bordeaux. Jadi ini adalah cerita tentang pembuatan visa untuk ke negeri orang pada saat gw di negeri orang ( pusing kan?). Anyway, here it goes…

Langkah pertama

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah buat account di link ini. Isi semua datanya dan register. Pastikan semua datanya benar, terutama bagian alamat. Data yang harus diisi di aplikasi online ini cukup banyak dan tedious, pastikan saja datanya sudah lengkap semua (termasuk mau menginap di mana saat di UK). Sesudah itu, kita masuk ke bagian kedua yaitu book appointment.

Langkah kedua

Langkah kedua adalah book appointment. Appointment yang dimaksud disini adalah appointment untuk kita datang ke kantor visa4uk untuk menyerahkan dokumen dan juga men-scan data biometrik kita ( sidik jari, retina, dsb).  Pastikan tanggal dan jam yang dipilih adalah waktu yang sudah 100% pasti bisa kita tepati. Konsekuensinya apa kalau kita tidak bisa datang di tanggal dan waktu yang sudah kita pilih? He3, itu bisa kita lihat di langkah selanjutnya

Langkah ketiga

Langkah ini buat gw yang paling gak enak, yaitu pembayaran. Iya betul, biayanya dibayar di depan, persis kayak kalau makan di Solaria Open-mouthed smile. Berapa biayanya? Waktu jaman gw sih 100 euro. Pembayaran bisa dengan credit card, maupun paypal. Gw sih waktu itu pake carte bleue gw. Apa itu carte bleue? Bakal gw jelaskan di postingan terpisah.

Nah menyambung pertanyaan di langkah kedua, kalau kita tidak bisa datang di tanggal yang sudah kita pilih, ya kita kehilangan 100 euro itu. Lumayan nyesek kan kalo kehilangan duit segitu? Ada refund policy sih dan bisa reschedule appointment juga, tapi seinget gw agak ribet. Anyway, di bawah ini bukti pembayaran dari gw.

visaUK_paid

Dan ini contoh isi email konfirmasi appointment setelah pembayaran divalidasi.

visaUK_appointment

Langkah keempat

Daftar udah, bayar udah, berarti sekarang saatnya pergi ke kantor visa UK untuk penyerahan dokumen dan scan biometrik. Wait, penyerahan dokumen? Yes betul, ada beberapa dokumen yang harus diserahkan, yaitu:

1. Bank statement

Berhubung waktu itu gw masih nasabah CIMB Niaga (pesan sponsor neh), jadi gw bisa dengan mudahnya print rekening koran gw dari web. Sudahkan anda mempunyai rekening di CIMB Niaga? (*eaaa)

2. Foto Paspor

Nah ini lumayan resek, jadi waktu itu gw udah bawa foto paspor. Tapiiii ternyata gak sesuai ketentuan mereka. Alhasil gw foto di tempat lah bayar 5 euro.

3. Kartu Pelajar

Kartu pelajar gw waktu di Perancis.

4. Visa Perancis dan OFII

Intinya ini visa student kita dan juga tanda bahwa udah medcheck di Perancis. Untuk lebih jelasnya tentang apa ini, bakal gw jelaskan di postingan terpisah.

5. Paspor

6. School Certificate

7. Travel booking

Cukup bukti bookingan penginapan dan tiket pesawat. Untuk bookingan penginapan bisa di www.hostelworld.com atau www.booking.com, cari penginapan yang bisa kasih full refund kalau kita cancel.

booking_hostel

Gimana untuk tiket pesawat? Nah itu gw minta bantuan MDL Travel (ticketing@mdltravel.com).

So, bawa ketujuh dokumen ini beserta badan kita ke kantor visa UK. Kebetulan kantor visaUK di Prancis cuma ada di Paris. Jadi gw harus keluar ongkos lagi deh ke Paris, zzz.

Anyway, gw waktu itu kebetulan nyasar en gak nemu2 alamatnya. Alhasil gw telat deh. Untungnya walaupun telat tetep masih bisa masuk dan submit. Pengamanan di gedungnya lumayan ketat, jadi nanti masuk cuma bisa bawa dokumen yang dibutuhin aja. Segala macem HP, tas dkk harus dititipin. Dan pelayanan di loketnya juga cenderung jutek, jadi jangan kaget aja. Walaupun gw waktu itu dapet petugas loket-nya yang berjilbab gitu, Pakistan kayaknya, tapi ya tetep aja juteks. Oh iya, seinget gw loketnya di lantai 2.

So, setelah selesai semua penyerahan dokumen dan scan biometrik, kita akan menerima receipt beserta tracking ID. Tracking ID nanti bisa digunakan untuk track status visa kita di www.visainfoservices.com. Status disini cuma untuk info sudah selesai/belum ya, bukan dapet visa atau enggak. Anyway di bawah ini contoh receiptnya.

visaUK_receipt

Langkah kelima

Nah ini pekerjaan yang paling malesin buat gw, yaitu menunggu. Setelah 2-3 minggu bolak-balik cek www.visainfoservices.com, akhirnya visa gw statusnya selesai juga. So, gw ke Paris lagi untuk ambil hasilnya.

Seperti biasa waktu masuk ke kantor visa4uk gak boleh bawa apa-apa, semua harus dititipin. And setelah berhasil masuk, kemudian dikasih nomor antrian dan menunggu. Akhirnya nomor gw dipanggil dan dikasih amplop besar tertutup beserta pesan sponsor bahwa amplopnya baru boleh dibuka setelah di luar kantor visa4UK.

So, gw keluarlah dan dag dig dug cek hasil-nya. Gw buka paspor gw, dan ternyata gw gak nemu visa untuk ke UK, hiks. Eh tapi tunggu, kok paspor gw berasa lebih tebel ya? Gw coba buka beberapa lembar ke belakang lagi, dan ternyata gw nemu ini:

visaUK

Alhamdulillah, I am off to Liverpool School bus

Perkiraan Biaya

Pembuatan visa                            100 euro

Bolak balik Paris 2 x                     150 euro

Foto, fotokopi dsb                         10 euro

Jadi, total biayanya kira-kira 260 euro. Fiuhhh mahal juga. Ya gpp deh demi impian umroh ke Liverpool. Di postingan terpisah, gw akan jelaskan soal perjalanan gw ke liverpool. Stay tuned and please comment.

Referensi Lainnya

http://francepournous.blogspot.co.id/2014/01/apply-visa-uk-dari-prancis.html

Advertisements